Mengenal Oven Gas Otomatis

oven gas otomatis
Oven Gas Otomatis

Roti atau kue merupakan makanan yang lazim kita temui saat ini. Rasa roti yang lezat membuat banyak orang menjadikannya sebagai makanan favorit. Oleh karena itu, kue dan roti pun terus mengalami evolusi. .Dari sekian banyaknya varian jenis kue dan roti, ada satu jenis yang menjadi pilihan favorit yaitu roti panggang.

Roti jenis ini pembuatannya dengan cara dipanggang menggunakan oven. Pada umumnya oven yang di gunakan adalah oven gas. Untuk menciptakan roti yang lezat, biasanya roti tidak melalui proses panggang terlalu lama. Jenis oven juga mempengaruhi kualitas dari roti tersebut. Dan oven gas yang direkomendasikan adalah oven gas otomatis.

Apa Itu Oven?

Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas mengenai apa sebenarnya oven itu. Oven adalah ruangan panas yang terisolasi. Salah satu fungsinya adalah untuk memasak,menbuat roti.menbuat olahan daging dll

Sejarah Singkat Oven

Sekitar 29.000 SM sebagai awal mula oven pertama di dunia. Oven tersebut ada di wilayah Eropa Tengah. Mereka memanggang di sebuah tungku yang besar. Dan pada tahun 2014, di Kroasia peneliti menemukan sebuah peninggalan berupa oven tertua yang pernah ad hingga saat ini. Oven ini berasal  dari jaman sekitar 6.500 tahun yang lalu.

Teknologi oven sebenarnya sudah digunakan di negara Ukraina pada 20.000 tahun sebelum Masehi, yaitu oven dengan lubang yang diberi bara panas secara tertutup. Mereka membungkus makanan dengan dedaunan dan menyusunnya dengan rapi di atasnya. Setelah itu mereka menutupnya dengan tanah.

Tulang mammoth ditemukan pada rumah-rumah di perkemahan Mezhirich. Diduga tulang-tulang ini digunakan untuk memasak dan proses pemanasan.

Oven yang di gunakan untuk memasak dan juga membuat batu bata telah ada sebelumnya di Lembah Indus pada tahun 3200 Sebelum Masehi. Sedangkan peradaban Mesir Pra-dinasti menggunakan oven untuk membuat tembikar.

Mengenal Jenis-Jenis Oven

Oven Keramik

Oven keramik ditemukan pada beberapa kebudayaan dengan bentuk berbeda. Oven,keramik pada dasarnya terbuat dari tanah liat atau bahan keramik lainnya. Suku Indian misalnya menyebut oven jenis ini dengan tandoor dan menggunakannya untuk memasak pada masa 3.000 SM. Oven batu bata juga bisa dikategorikan dalam jenis oven ini. Di Italia oven jenis ini, erat kaitannya dengan pembuatan Pizza. Sedangkan pada jaman Romawi oven keramik digunakan dalam keperluan rumah tangga.

Oven Gas

Oven gas pertama digunakan pada tahun 1802, yaitu pada sebuah pesta makan malam yang seluruh makanannya dibuat dengan kompor gas atau oven. Pesta ini diselenggarakan di Zachaus Winzler. Kemudian pada tahun 1834, penemu asal inggris memproduksinya secara masal. Dan di tahun 1851, kompor gas dipajang disebuah pameran besar. Kompor inilah yang nantinya menjadi awal pengembangan oven gas modern.

Microwave Oven

Microwave oven adalah oven yang menggunakan radiasi gelombang micro sebagai pemanasnya. Jadi microwave tidak menggunakan api sebagai sumber panas. Microwave oven pertama di kembangkan oleh  Dr Perry Spencer pada tahun 1946. Dan di komersialkan pertama kali di Boston, Amerika Serikat pada tahun 1947.

Mengenal Apa Itu Oven Gas Otomatis

Setelah sedikit belajar tentang apa itu oven, sejarah dan jenis oven, kami akan membawa anda untuk mengenal apa itu oven gas otomatis.

oven gas automatic adalah oven dengan perpaduan gas dan listrik di mana teknik oven akan berbeda dengan yang lainnya,lebih hemat dan tentunya memiliki segudang manfaat,Di perlukan teknik pemanggangan yang baik untuk menciptakan roti berkualitas. Memanggang roti terlalu lama akan membuat kualitas roti tidak sempurna. Dan oven yang ideal adalah oven yang memiliki sumber api atas dan api bawah sebagai pemanasnya. Dengan demikian hasil panggangan roti pun menghasilkan pori yang sesuai. Hal ini akan berpengaruh pada kelembutan roti.  

Jika anda menggunakan oven konvensional, fitur api atas tidak akan anda temukan. Karena sumber panas oven gas konvensional adalah api kompor. Penggunaan oven konvensional menyebabkan proses pemanasan tidak merata. Hasil panggangan pun akan kurang maksimal. Serta memerlukan proses yang lebih lama.

Fitur api atas hanya terdapat pada oven gas automatic. Sehingga jika anda menginginkan hasil panggangan yang lebih maksimal, anda bisa menggunakannya.

Kenapa Menggunakan Oven Gas automatic?

Selain fitur api atas dan bawah, mesin oven gas otomatis juga memiliki banyak fitur lain. salah satunya adalah sistem pengaturan panas yang bisa kita atur melalui panel suhu oven, Sehingga pengukuran suhu dan pengendaliannya bisa lebih baik berbanding dengan oven konvensional.dan hasil suhu panas yang tercipta jauh lebih sempurna

Sumber daya mesin oven otomatis adalah combinasi gas dan listrik. Tidak seperti oven gas konvensional yang masih menggunakan sumber panas tanpa ada pengatur suhu. oven. gas automatic Sumber Listrik sendiri untuk mengatur suhu dalam ruang oven,sedangkan timer untuk mengukur waktu / lama operasional oven itu

Cara Menggunakan Mesin Oven gas Otomatis

Oven gas automatic juga bisa anda sebut sebagai mesin roti. Sebagian besar pengoperasiannya oven gas ini adalah otomatis dan sangat memudahkan pekerjaan. Fitur dan fungsinya terstruktur sedemikian rupa sehingga dapat memaksimalkan proses pemanggangan. Terdapat tombol-tombol pengatur canggih yang berfungsi sebagai pengatur suhu,timer dan lampu. Maka pastikan sebelum menggunakan oven, pelajari dulu buku manualnya.

Pada proses pemanggangan roti, suhu sangat menentukan kualitas roti. Suhu inti optimal biasanya adalah 0-4000C. Suhu inti adalah suhu di akhir proses pemanggangan roti. Lamanya waktu pemanggangan bisa bervariasi tergantung jenis rotinya. Ada yang memerlukan waktu singkat, yakni 18 menit dan ada pula yang bisa sampai satu jam.

Oven gas Otomatis Dalam Bisnis Bakery

Oven otomatis sangat berperan dan memiliki pengaruh besar dalam bisnis bakery. Selain dapat meningkatkan efisiensi kerja, penggunaan oven otomatis juga dapat meningkatkan kualitas hasil pembuatan roti itu sendiri.

Berikut adalah beberapa keunggulan penggunaan mesin oven gas automatic pada bisnis bakery.

  • Menghemat listrik. Hal ini karena oven otomatis memiliki fitur kontrol suhu yang dapat bekerja otomatis.
  • Pemakaian gas lebih hemat karena menggunakan system valve.
  • Memiliki timer sehingga tidak perlu kawatir tentang waktu pemanggangan.
  • Suhu lebih stabil, tidak terlalu panas atau terlalu rendah.
  • Hasil panggangan yang merata karena memiliki api bawah dan atas yang sama stabilnya.
  • Ruangan tempat oven berada tidak akan mengalami kenaikan suhu. Karena dinding oven yang berteknologi tinggi bisa meredam panas.
  • Pipa pemanas oven otomatis terbuat dari logam stainless sehingga tidak mudah keropos.

Nah itu tadi ulasan kami mengenai mesin oven gas otomatis atau automatic. Sudahkah anda mempertimbangkan untuk menggunakannya untuk usaha maupun kebutuhan rumah tangga anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 + 14 =

Need help? Let's chat with us!

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

General Support

Nesa

Online

General Support

Nita

Online

Nesa

Hi, What can i do for you? 00.00

Nita

Hi, What can i do for you? 00.00