Mengenal Mixer Planetary

mixer
Mixer Roti

Seperti yang kita tahu, proses pembuatan roti dengan mencampurkan berbagai bahan menjadi satu lalu mengaduknya menjadi adonan dengan tujuan mejadikan adonan menjadi lebih alis dan kenyal. Kemudian adonan tersebut mengalami pemrosesan lagi hingga menjadi roti siap konsumsi. faktor kalis tidak nya adonan Roti banyak faktor yang menpengaruhi dari antara lain dari resep dan kecepatan Rpm mesin tersebut Maka dari itu, proses mengaduk dalam pembuatan roti sangat tidak terelakan.

Sebelum melangkah lebih jauh tentang mixer Planetary, kami terlebih dahulu akan membahas dalam mengenai apa itu Mixer Planetary beserta serba-serbinya.

Apa Itu mixer planetary ?

mixer

Mixer Planetary adalah mixer khusus yang dirancang untuk keperluan mencampur bahan-bahan adonan roti. Sangat penting bagi adonan roti untuk tercampur dengan sempurna. Adonan yang baik tentu saja akan menghasilkan kualitas roti yang baik pula. Apa bila dalam proses mixing atau pencampuran adonan tidak tercampur dengan baik maka roti bisa saja gagal mengembang atau bahkan gagal sepenuhnya

Proses mixing Adonan menggunakan mixer, tentu bisa tercampur dengan lebih baik berbandingkan jika anda mencampurnya dengan cara manual. Pekerjaan pun akan lebih cepat dan efisien berbanding jika anda mencampur bahan dengan tangan. Oleh karena itu, alat mixer ini merupakan salah satu barang wajib yang ada di dapur roti atau pabrik roti.

Jenis Mixer Yang Ada Di Pasaran

Ada beberapa jenis mixer kue yang saat ini beredar di pasaran. Untuk lebih jelasnya mari simak rincian yang telah kami buat berikut ini.

mixer manual

Hand mixer adalah mixer tangan tanpa mesin dan merupakan jenis mixer paling dasar. Mixer ini biasanya untuk mengocok adonan ringan dan tidak terlalu banyak. Mixer ini terbuat dari kawat flexible namun kuat. Bentuknya mirip seperti balon.

2. Mixer Portable

Mixer ini mirip dengan mixer whisk tetapi dengan bentuk pengocok lebih kecil. Karena bentuknya yang kecil pengocok atau mixer portable. Dengan menggunakan mixer ini kamu dapat menekan-nekan adonan sambil mengaduknya. Tapi tetap hanya cocok untuk adonan ringan saja.

3.Hand Mixer

Mixer tangan adalah mesin mixer dengan tenaga listrik yang biasa , digunakan di dapur rumah tangga. Bentuknya ringkas dan tidak memakan tempat khusus. Untuk mengoperasikannya, anda perlu memegang mixer dan mengarahkannya secara manual. Namun anda harus lebih berhati-hati Ketika mengocok adonan dengan mixer tangan. Cipratan adonan lebih rawan terjadi jika penggunanya tidak berhati-hati.

4. Standing Mixer

Mirip dengan mixer tangan namun standing mixer lebih stabil karena memiliki dudukan. Terkadang juga dilengkapi mangkuk wadah adonan khusus. Kelebihan standing mixer berbanding denganmixer tangan biasa adalah anda tidak perlu memegang nya terus menerus.

5. Dough Mixer

Dough mixer biasanya digunakan untuk mengaduk adonan dengan kekentalan sedang. Bentuk kepala adukannya biasanya adalah whisk atau seperti pengait.dan bowl / mangkuk yang ikut berputar berlawanan. Kelebihan mixer ini adalah adonan bisa lebih tercampur dengan rata.

7. Mixer Planetary

Planetary mixer penamaan dari mixer ini karena rotasi putarannya menyerupai planet. Mixer ini juga punya nama lain mixer vertical. Kepala adukan berputar sedangkan gagangnya mengelilingi bowl /wadah. Mixer ini menghasilkan adonan yang lebih rata dan efisien berbanding dengan jenis mixer lainnya.

Jenis Pengaduk Mixer Planetary

Dalam melakukan fungsinya sebagai pengaduk adonan, mixer memiliki 3 jenis pengaduk yang berbeda. Di antaranya memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung fungsinya. Berikut adalah beberapa bentuk kepala pengaduk mixer yang umum .

  • Spiral. Kepala pengaduk bentuk spiral ini berfungsi untuk mengaduk adonan kental.
  • Beater. Adonan keju, pastry atau adonan croissant yang memiliki tekstur lembut biasanya diaduk dengan kepala pengaduk berbentuk Beater ini.
  • Whip. Untuk adonan encer biasanya digunakan bentuk whip. Bentuknya memiliki pisau kecil namun tidak terlalu tajam.
Memilih Mixer Sesuai Kebutuhan                      

Dalam membuat roti, kita akan selalu dihadapkan pada kegiatan mengaduk adonan. Pekerjaan ini bisa dibilang sangat penting dalam membuat roti dan kue. Menggunakan mixer akan sangat mempermudah pekerjaan anda. Mengaduk adonan yang tadinya melelahkan jika menggunakan cara manual, bisa terselesaikan dengan lebih mudah jika menggunakan mixer.

Dalam praktiknya, baik kebutuhan rumah tangga atau pun usaha mixer sangat membantu kegiatan pengadukan adonan anda. Jenis usaha seperti toko roti, restoran atau kafe jika pesanan cukup banyak, tentu akan sangat merepotkan jika melakukan pengadukan secara manual.

Namun kebutuhan akan mixer ini bisa berbeda tergantung pada budget dan keperluannya. Jika anda adalah ibu rumah tangga atau pembuatan roti anda bersekala kecil, anda bisa memilih mixer tangan atau standing mixer tipe table biasa. Namun bila sekala produksi anda besar, maka mungkin akan lebih bijak jika memilih mixer planetary berkapasitas besar.

Pemilihan jenis mixer sangat erat kaitannya dengan kapasitas produksi. Contohnya ada mixer yang memiliki kapasitas 1 Kg, 3 Kg, 5 Kg, dan 10 Kg. Untuk skala produksi rumahan atau home industri mungkin kapasitas tersebut sudah memadai. Namun jika anda adalah industri besar maka akan lebih baik jika memilih mixer dengan kapasitas yang lebih besar. Bisa 20 Kg atau bahkan hingga 40 Kg. Dengan memilih mixer yang sesuai anda akan lebih bisa berhemat dan efisien dalam bekerja.

Mixer Roti Dan Kue Dalam Dunia Usaha

Perkembangan persaingan dalam dunia usaha roti memaksa setiap pengusaha untuk terus berinovasi. Belakangan ini pasar roti dan kue selalu berusaha menghadirkan roti dengan kualitas rasa dan harga yang bersaing. Jenis dan varian nya pun semakin banyak tiap harinya. Pengusaha berlomba lomba untuk adu kreatif dalam menciptakan produk yang semakin baik dan berkualitas. Rasa enak dan lembut sangat disukai oleh konsumen.

Persaingan yang sedemikian ketat tentu memerlukan dukungan dari peralatan dan perlengkapan yang memadai dan berkualitas.sehingga menghasilkan adonan yang bermutu dan tentu nya kalis

Dengan memilih mixer yang tepat anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak. Keuntungan waktu, efisiensi, dan cost produksi yang lebih rendah. Dengan mixer yang baik, anda juga berpeluang memperluas jangkauan usaha dan meningkatkan jumlah produksi.

Dalam hal efisiensi kerja, mixer jenis planetary bisa menjawab kebutuhan anda. Dari banyaknya jenis mixer, mixer ini masih yang paling efisien dalam menjawab kebutuhan industri roti dan kue.

Demikian lah yang bisa kami sampaikan. Kami harap bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Sudahkah anda putuskan jenis mixer yang sesuai kebutuhan anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen + eighteen =

Need help? Let's chat with us!

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

General Support

Nesa

Online

General Support

Nita

Online

Nesa

Hi, What can i do for you? 00.00

Nita

Hi, What can i do for you? 00.00