Kenali Tentang Spiral Mixer

kenali spiral mixer

Spiral Mixer Dalam Dunia Usaha

Dalam dunia usaha bakery, sangat di perlukan mesin yang Andal dalam membantu efisiensi produksi. Salah satu mesin pendukung tersebut adalah mixer spiral. Kemampuan mixer spiral sangat di butuhkan dalam mencampur adonan, khususnya adonan berat dan beku.

Persaingan di dunia bakery juga menuntut inovasi yang terus menerus dari pelaku usaha. Oleh karena itu, membuat berbagai varian roti dan kue menjadi sangat penting. Dan sering kali dalam pembuatannya, roti memiliki syarat adonan yang berbeda – beda. Ada yang kental, ringan, dan sedang. Maka dari itu, mesin ini menjadi faktor penting dalam mendukung tercapainya produktifitas yang Anda harapkan. Dan dengan mixer ini pekerjaan Anda pun akan semakin ringan dan efisien.

Memilih Mixer Yang Tepat

Untuk melihat mixer apa yang paling tepat dengan kebutuhan Anda, kita perlu memahami dengan baik tentang mesin ini dan alternatifnya. Untuk itu kami telah membuat pemaparan sederhana untuk Anda agar Anda dapat memilih jenis mixer apa yang paling tepat untuk Anda maupun usaha Anda.

Setiap alat bantu tentu memiliki manfaatnya masing-masing. Tak terkecuali dengan mixer spiral ini. Berikut manfaat yang bisa Anda peroleh jika Anda menggunakan mesin spiral mixer.

  • Memiliki pengaduk yang kuat dan tajam sehingga adonan berat seperti adonan donat, mie dan bahkan adonan kerupuk dapat tercampur dengan baik.
  • Kinerjanya cepat dan menghasilkan campuran adonan yang halus serta merata. Tentu ini akan sangan mengemat waktu Anda dalam memproduksi roti apalagi jika dalam jumlah besar.
  • Memiliki pengaturan kecepatan yang dapat Anda sesuaikan sehingga bisa lebih bisa menjawab berbagai kebutuhan Anda.
  • Mampu mengaduk adonan yang cukup keras, seperti adonan dengan air es atau air dining. Hal ini tentu akan menghemat tenaga Anda jika di bandingkan dengan mencampurnya menggunakan tenaga manual sendiri.
  • Mangkuk adonan dapat disesuaikan tingginya sehingga Anda bisa lebih leluasa dalam mengatur pergerakan mangkuk adonan.

Perbedaan Mixer Spiral Dengan Planetary

Jika Anda merupakan pengusaha di bidang roti dan kue, atau bidang komersial lain yang berhubungan dengan dapur, tentunya Anda sudah tidak asing dengan mixer. Namun dari banyaknya jenis varian mixer, ada dua jenis yang umumnya sering dipakai dalam bidang usaha ini. Kedua mixer ini adalah jenis spiral dan planetary mixer.

Walau sama-sama berfungsi untuk mencampur dan mengaduk adonan, namun keduanya memiliki perbedaan yang cukup besar. Nah, untuk itu Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang kedua jenis ini dengan lebih baik sebelum memutuskan mana yang Anda butuhkan dan paling cocok untuk usaha Anda.

Mixer Spiral

Mixer spiral berfungsi mengaduk adonan yang relatif kental dan dalam skala besar. Mata pengaduk spiral dan mangkuk sama-sama berputar, dan wisk bentuk spiralnya itu berfungsi mengaduk sekaligus meremas adonan.

Mekanisme ini juga bermanfaat pada proses pengadukan. Dimana hanya Sebagian dari keseluruhan adonan yang berputar dalam waktu bersamaan. Hal ini menghasilkan gesekan yang lebih kecil sehingga suhu adonan lebih terjaga dan tidak terlalu panas. Campuran pun akan menjadi lebih homogen.

Berikut kami rangkum beberapa keunggulan mixer spiral.

  • Kapasitas pemrosesan adonan besar. Sehingga produktifitas Anda menjadi lebih efisien.
  • Tenaga pengaduk lebih kuat dengan hasil campuran yang baik.
  • Mangkok adonan bisa diatur tinggi rendahnya sehingga memudahkan proses pengadukan.
  • Bisa memproses adonan yang relatif kaku.
  • Sanggup memproses adonan beku atau adonan yang dicampur es maupun air dingin untuk tekstur yang baik.
  • Kecepatan putaran dari mata pengaduk dapat diatur. Hal ini bermanfaat jika ingin menentukan jenis adonan. Misal jika adonan ingin tercampur dengan homogen, gunakan kecepatan rendah. Untuk mendapat adonan yang mengembang, gunakan kecepatan tinggi.
  • Mempunyai satu mata pengaduk berbentuk spiral yang kuat dan tajam.
  • Bisa mengakomodasi keperluan industri. Terbukti dari banyaknya pelaku usaha yang menggunakan mixer jenis ini untuk pemrosesan berkapasitas besar.
Mixer Planetary

Seperti namanya, mixer ini bekerja meniru perputaran planet. Mata pengaduk atau beater berputar dan mengelilingi mangkuk dan menghasilkan adonan yang lembut dan tercampur rata.

Namun tidak seperti spiral mixer, yang mangkuk atau bowlnya bisa berputar. Mangkuk adonan mixer planetary bersifat statis.Bisa dilepas saat sudah selesai, dan dibersihkan

Bagi Anda yang belum tahu kelebihan mixer planetary, berikut kami rangkum beberapa untuk Anda.

  • Multifungsi. Tidak hanya berfungsi untuk mencampur adonan, mixer planetary juga dapat berfungsi sebagai pengaduk telur, keju, susu dan lain sebagainya.
  • Memiliki tiga jenis pengaduk dasar yaitu Dough hook, Mising paddle, dan whisk.
  • Selain memiliki 3 bentuk pengaduk dasar, mixer ini juga mendukung tipe pangaduk lain sehingga fungusinya bertambah. Contoh mencincang sayur, menggiling daging, mencampur saus dan masih banyak lagi.
  • Kecepatan bisa diatur ke dalam tiga jenis, yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Jadi Anda akan memiliki lebih banyak pilihan pemrosesan adonan.
  • Karena sangat serba guna, mixer ini sangat umum digunakan di toko kue atau pabrik produsen kue.

Itulah sedikit gambaran mengenai perbedaan kedua jenis mixer ini. Pada akhirnya, spiral mixer merupakan alat luar biasa yang dapat membantu pekerjaan pengadonan Anda dengan sangat efisien.

Jadi, sudahkah Anda memilih mixer jenis apa yang paling Anda butuhkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 5 =

Need help? Let's chat with us!

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

General Support

Nesa

Online

General Support

Nita

Online

Nesa

Hi, What can i do for you? 00.00

Nita

Hi, What can i do for you? 00.00