Jenis-Jenis Mixer Untuk Adonan Beserta Fungsinya

mixer adonan

Mixer adalah salah satu alat yang penting saat membuat adonan. Tak hanya memiliki fungsi sebagai alat pengaduk, mixer juga berfungsi untuk mengocok telur, roti, susu, dan lain sebagainya. Namun, perlu Anda ketahui terdapat berbagai jenis mixer adonan yang mempunyai fungsi berbeda pula. Apa saja jenis-jenis mixer tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Macam-macam Mixer Adonan dan Fungsinya

Ternyata terdapat berbagai jenis mixer yang terjual di pasaran serta pastinya mempunyai kegunaan yang berbeda-beda juga. Bagi seseorang yang baru belajar atau sedang membuat kue, maka tidak ada salahnya untuk tahu apa saja macam dari mixer beserta fungsinya. Sehingga Anda tidak salah pilih ketika akan memakainya.

Whisk untuk Kue Dalam Jumlah Kecil

Whisk mixer adalah jenis mixer simple untuk adonan. Mixer ini cocok Anda gunakan untuk mengaduk adonan kue dengan jumlah yang sedikit. Berbahan dasar dari kawat tebal, akan tetapi tetap fleksibel juga mempunyai bentuk menyerupai balon udara. Penggunaan mixer ini biasanya untuk mengocok krim ringan, telur, serta adonan dengan jumlah yang tidak banyak.

Hand Mixer yang Kecil

Mixer jenis ini adalah mixer adonan modern yang kerap terdapat di dapur ibu-ibu. Bagi yang suka membuat kue, pasti punya lebih dari satu. Mempunyai ukuran kecil sampai sedang namun tetap pas saat dipegang. Hand mixer ini lebih praktis, fleksibel, serta ringkas ketimbang stand mixer.

Keunggulan lainnya, yaitu Anda dapat mengatur putaran juga gerakan untuk mengatur adonan dengan cara manual. Namun, jika Anda memegangnya terlalu lama, maka tangan menjadi pegal serta bisa terkena cipratan adonan, apabila Anda kurang bisa mengontrol dengan baik.

Stand Mixer

Nah, untuk mixer jenis ini merupakan inovasi dari hand mixer. Mixer ini dapat memudahkan Anda agar tidak perlu repot memegangnya ketika dipakai. Selain tangan tidak pegal, Anda juga bisa mengerjakan yang lain, sementara mixer mengocok adonan.

Dough Mixer

Mixer ini sering disebut sebagai horizontal dough mixer. Sebab mesin ini memang beaternya berada pada posisi horizontal serta berputar satu arah. Adonan yang telah kalis, akan bisa dikeluarkan dengan cara Anda membuka tutupnya. Mereka yang mempunyai usaha kulit pangsit dan mie, biasanya menggunakan mixer jenis ini.

Spiral Mixer

Jenis mixer adonan ini memiliki sistem ganda. Sebab tidak hanya beater dengan bentuk spiralnya yang berputar. Namun juga mangkoknya berputar berlawanan arah, sehingga menekan adonan lebih kuat.

Sebab mempunyai sistem pengaduk ganda. Mixer ini pun bisa mengaduk adonan roti yang berat, tapi suara mesin tetap halus juga menghasilkan adonan kalis sempurna.

Planetary Mixer

Disebut dengan planetary mixer sebab mempunyai sistem pengaduk yang sama dengan gerakan rotasi planet mengitari matahari. Sehingga tidak hanya dudukan beater yang berputar, namun beaternya juga berputar. 

Planetary mixer juga mempunyai kepala mixer dengan bentuk spiral, flat beater, serta whip whisk. Sehingga mixer ini merupakan jenis mixer multifungsi dengan mempunyai satu tipe mixer saja.

Itulah jenis-jenis mixer yang mungkin cocok untuk Anda yang gemar membuat kue, mie, pangsit atau bahkan bagi Anda yang sedang belajar membuat hidangan . Pastikan mixer yang kamu gunakan berkualitas terbaik. Untuk mendapatkan mixer yang terbaik dan berkualitas kamu bisa mendapatkatanya di Jaya Agung. Yuk temukan mixer pilihanmu dan saatnya membuat hidangan lezat untuk keluarga dirumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

three × 5 =

Konsultasikan Kebutuhan Anda Disini

We are here to help you! Do not hesitate to ask us anything. Click below to start chat.

General Support

Nesa

Online

General Support

Nita

Online

General Support

Banjar

Online

General Support

Kayla

Online

General Support

Ima

Online

Nesa

Hi, What can i do for you? 00.00

Nita

Hi, What can i do for you? 00.00

Banjar

Hi, What can i do for you? 00.00

Kayla

Hi, What can i do for you? 00.00

Ima

Hi, What can i do for you? 00.00