Jenis Jenis Roti Ini Bisa Gantikan Nasi, Sehat dan Bergizi!

Sehat dan Bergizi! Inilah Jenis-Jenis Roti Pengganti Nasi!

Nasi menjadi makanan utama atau pokok di kalangan masyarakat Indonesia. Walaupun begitu, saat ini banyak yang  mengkonsumsi makanan selain nasi sebagai menu utamanya. Apalagi, bagi orang-orang yang sedang menjalankan program diet, pastilah nasi tidak berada di urutan pertama pilihan yang hendak disantap.

Bagi orang-orang yang sedang diet, nasi akan digantikan oleh makanan berkarbohidrat tapi juga mengandung gizi yang tinggi, seperti roti. Di Indonesia sendiri, ada banyak jenis roti yang bisa ditemukan, dari mulai roti tawar, roti gandum, roti sobek, roti manis, dan masih banyak lagi.

Tak hanya sebagai menu pengganti nasi di saat sedang diet, roti juga menjadi makanan pilihan ketika sedang dalam perjalanan jauh. Hal ini dikarenakan roti merupakan makanan yang praktis dan mudah disantap di mana saja, serta kapan saja ketika perut sudah terasa lapar.

Jenis Jenis Roti Pengganti Nasi

Roti tidak hanya populer di Indonesia saja, melainkan juga di seluruh dunia. Bahkan beberapa negara menjadikan makanan dari bahan dasar gandum ini menjadi makanan utamanya. Mengenyangkan dan juga bergizi, berikut informasi tentang berbagai macam roti yang bisa Anda nikmati sebagai pengganti nasi.

1. Baguette

baguette

Baguette merupakan jenis roti yang berasal dari Perancis dan terbuat dari campuran beberapa bahan yakni ragi, air, garam, dan tepung. Dari campuran bahan inilah, nantinya akan menghasilkan baguette yang ikonik dengan kulit renyah dan terdapat banyak lubang di bagian dalamnya. Bagian lubang ini dipengaruhi oleh proses fermentasi yang berjalan lebih lambat.

Untuk bentuknya, baguette memiliki bentuk panjang seperti tongkat dan cukup besar dengan garis-garis miring di atasnya. Walaupun begitu, roti jenis ini cenderung ringan kok.

2. Brioche

brioche

Masih dari Perancis, jenis roti selanjutnya yang bisa dijadikan pengganti nasi adalah brioche. Brioche berbeda dengan baguette, hal ini karena dari bahan dasarnya ada penambahan susu dan telur, yang berfungsi untuk membuat roti lebih ringan dan mengembang. Dengan menggunakan campuran telur, roti brioche terlihat memiliki warna yang lebih kuning jika dibandingkan dengan kebanyakan jenis roti lainnya.

Untuk teksturnya, brioche mempunyai tekstur yang kenyal dan lembut di bagian dalam, sedangkan di tampilan luarnya harus  mengkilap serta berwarna keemasan.

3. Bagel

bagel

Jenis roti selanjutnya yang juga dijadikan pengganti nasi yakni roti bagel. Roti yang satu ini berasal dari Polandia dan terbuat dari adonan ragi yang dibentuk seperti cincin, lalu direbus kemudian diolah dengan larutan basa sebelumnya nantinya dipanggang.

Baca juga: 5 Penyebab Roti Bantat, Pengusaha Bakery Wajib Tahu!

Roti bagel ini sangat populer dan disukai karena mempunyai tampilan luar yang cantik dengan warna kecoklatan dan tekstur dalamnya yang lembut tetapi tetap padat. Tak jarang juga roti bagel diberi tambahan bumbu lain seperti biji wijen ataupun kismis. Biasanya, bagel disajikan dengan pelengkap berupa daging asap, krim keju, dan topping-topping lainnya.

4. Roti Gandum Utuh

Roti gandum utuh menjadi jenis roti yang sehat dan penuh dengan gizi. Jika dikonsumsi, roti yang satu ini sangat baik untuk tubuh. Hal tersebut dikarenakan roti gandum utuh terbuat dari tepung yang memanfaatkan seluruh biji-bijian, termasuk juga dedak dan kuman.

Dari campuran semua bahan tersebut, terciptalah roti gandum utuh yang memiliki banyak serat, vitamin, dan protein jika dibandingkan dengan roti putih. Tak hanya itu, roti jenis ini juga menawarkan aroma dan rasa yang lebih khas dari roti lainnya.

5. Roti Multigrain

Hampir sama dengan roti gandum utuh, roti multigrain juga terbuat dari bahan dasar berupa butiran biji-bijian yang jumlahnya cukup banyak. Beberapa bahan yang mencakup pembuatan roti jenis ini seperti ramu, jelai, dan gandum. Biasanya, roti ini digunakan untuk menu hidangan yang padat dan disajikan dalam keadaan hangat seperti sandwich.

6. Ciabatta

ciabatta

Tak hanya roti multigrain, roti jenis ciabatta juga cocok untuk digunakan dalam hidangan sandwich. Roti ciabatta merupakan jenis roti yang berasal dari Italia dan baru pertama kali diproduksi pada tahun 1982. Menjadi salah satu penemuan baru, ciabatta terbuat dari bahan dasar tepung terigu dengan tampilan akhir mempunyai bentuk yang lebar, rata dan agak rebah di bagian tengahnya.

7. Sourdough

jenis jenis roti

Roti selanjutnya yakni sourdough. Roti ini termasuk salah satu roti dengan sejarah yang cukup lama. Sourdough berasal dari Mesir dan diproduksi pertama kali pada 1500 SM.

Roti yang satu ini dibuat dari ragi dan lactobacilli yang mengalami proses fermentasi panjang serta terjadi secara alami. Dari proses inilah, menciptakan asam laktat dengan rasa asam yang menjadi khas dari roti sourdough.

Baca juga: Jangan Salah! Inilah Perbedaan Pastry dan Bakery

Menariknya, roti ini mempunyai tak hanya bergizi, melainkan juga baik untuk pencernaan dan mengontrol gula darah.

Peralatan untuk Mengolah dan Menyimpan Roti

Semua jenis roti harus diolah dan disimpan dengan baik. Hal tersebut agar kualitasnya tetap terjaga sehingga kandungan yang ada di dalam roti tidak rusak. Peralatan dengan kualitas optimal berperan penting dalam hal ini, maka dari itu pastikan Anda membelinya di toko yang terpercaya seperti Jaya Agung Mesin. Berikut beberapa peralatan yang bisa Anda pakai untuk mengolah dan menyimpan jenis-jenis roti:

1. Electric Conveyor Toaster ECT-2430 Getra

Peralatan pertama ini merupakan produk keluaran dari Getra, yang mempunyai fungsi untuk memanggang roti tawar. Pada produk ini, roti tawar akan dipanggang dengan menggunakan elemen pemanas dari sistem mekanik conveyor.

Menariknya, alat ini juga dilengkapi dengan timer dan switch selector sehingga Anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan dan tidak takut gosong. Untuk kapasitasnya, alat yang satu ini bisa memproduksi 150 hingga 450 lembar roti salam satu jam.

2. Electric Contact Grill CG-34 Getra

Masih dari Getra, Electric Contact Grill CG-34  juga menjadi rekomendasi untuk peralatan dalam pengolahan berbagai macam roti. Alat ini bisa Anda manfaatkan untuk memanggang roti tawar, sandwich, steak, dan lain sebagainya. Alat ini dirancang dengan pengaturan suhu hingga -250°C dan dimensi grillnya 34x23cm.

3. Hot Showcase SHC-DH-827-Fomac

Alat selanjutnya merupakan keluaran dari fomac. Kali ini, produk yang direkomendasikan berguna untuk memamerkan makanan, termasuk roti dan kue. Tenang saja, kualitas makanan di dalamnya akan terjaga, karena mesin ini dilindungi oleh temperatur panas sehingga menjamin makanan lebih tahan lama. Produk ini cocok untuk Anda yang sedang merintis usaha bakery.

Nah, itulah informasi jenis-jenis roti yang bergizi dan bisa dijadikan sebagai santapan pengganti nasi maupun ketika sedang lapar serta peralatan yang bisa digunakan untuk mengolah dan menyimpan roti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Konsultasikan Kebutuhan Anda Disini

Kami siap Menberikan Solusi Kebutuhan Equipment Anda

Customer Support

Fitria

Online

Customer Support

Reta

Online

Customer Support

Nadir

Online

Customer Support

Kayla

Online

Customer Support

Banjar

Online

Customer Support

Aliyah

Online

Fitria

Hallo ada yang bisa kami bantu? 00.00

Reta

Halo ada yang bisa kami bantu 00.00

Nadir

Hallo ada yang bisa kami bantu 00.00

Kayla

Hallo ada yang bisa kami bantu 00.00

Banjar

Hallo ada yang bisa kami bantu? 00.00

Aliyah

Hallo ada yang bisa kami bantu 00.00